Ternyata Tidak Semua Kucing Benci Air, Berikut 10 Diantaranya

Ternyata Tidak Semua Kucing Benci Air, Berikut 10 Diantaranya

Selama ini kita mungkin mengira kucing adalah hewan yang takut dengan air. Yups, dan itu tidaklah salah. Karena kebanyakan kucing memang takut dengan air, terutama yang biasa kita lihat di Indonesia.

Sebenarnya ada beberapa ras kucing yang secara naluri tidak takut dengan air semenjak mereka dilahirkan. Hal ini biasanya karena faktor lingkungan, dimana nenek moyang mereka berasal dari daerah yang lingkungannya terdapat banyak air seperti daerah danau ataupun sungai. Mereka kebanyakan berasal dari daerah Eropa ataupun Amerika, walaupun ada juga yang bukan dari dua benua tersebut.

Kucing yang bisa bersahabat dengan air tersebut diantaranya adalah :

1. Turkish Van


Kucing yang berasal dari Turki ini pertama kali dikembangkan di Inggris. Daerah asalnya adalah danau terbesar yang ada di turki bagian timur yaitu danau Van, makanya dinamakan Turkish Van. Karena nenek moyangnya berasal dari daerah danau, mereka sangat menyukai air bahkan mendapat julukan "the swimming cat" karena mampu berenang dan beradaptasi dengan baik di air.

Turkish Van relatif terlihat tetap kering walaupun mereka baru saja bermain di air. Bulu mereka yang lumayan panjang (semi-longhair) secara natural bisa dikatakan cukup resisten terhadap air alias cepat kering apabila terkena air. Jadi mereka tetap nyaman walaupun harus berenang di air. Turkish Van juga senang mencari sumber-sumber air, seperti wastafel, toilet dan kolam renang.

2. Turkish Angora


Kucing jenis ini bisa banyak kita temui di Indonesia dan biasanya disebut kucing anggora. Penampilannya yang menawan membuat mereka banyak dijadikan hewan peliharaan. Sama seperti Turkish Van, Angora juga berasal dari Turki, tepatnya Ankara. Tapi kebanyakan yang ada di Indonesia bukan lagi yang pure 100% dari Turki. Mereka biasanya sudah merupakan hasil persilangan dari jenis lain. Persilangan ini bisa saja mengakibatkan naluri mereka yang suka air menjadi berkurang atau bahkan hilang.

Turkish angora memiliki bulu halus, perawakan yang kuat, senang bermain dan bisa punya ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Selain itu, kucing ini senang memanjat dan juga berenang. Percikan air dari wastafel bisa saja menarik perhatian mereka yang akan membuat mereka betah bermain air disitu.

3. Maine Coon


Maine Coon adalah salah satu ras kucing terbesar yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Banyak yang percaya bahwa nenek moyang kucing ini merupakan hasil persilangan kucing liar dengan hewan Rakun, yaitu mamalia berukuran sedang yang berasal dari Amerika Utara.

Maine coon memiliki bulu yang lebat, halus, lembut, serta tahan terhadap air. Hal inilah yang menjadikannya tetap kering ketika berada dalam air. Bulunya yang kedap air akan mempertahankan suhu tubuhnya tetap normal.

4. Norwegian Forest


Norwegian Forest adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari daerah yang bernama Norway. Nenek moyang dari ras kucing ini diduga berasal dari hutan-hutan di daerah Norwegia dan Skandinavia. Keunikan dari kucing hutan norwegia adalah pada bulunya. Bulunya akan menjadi panjang dan tebal ketika musim dingin tiba, dan akan rontok atau menipis ketika musim semi tiba. 

Seperti Maine Coon, kucing ini memiliki bulu yang lebat dan juga anti air sehingga membuatnya akan tetap kering ketika masuk kedalam air. Norwegian Forest sangatlah aktif , pintar, dan juga pandai berburu. Selain pintar menangkap tikus,  kucing ini juga pandai menangkap ikan dan juga burung.

5. American Bobtail


Dilihat dari namanya, kucing ini adalah berekor pendek. Kucing yang banyak di kembangkan di Amerika ini berekor pendek karena mutasi genetik yang terjadi secara natural. Dia banyak dipelihara karena sifatnya yang tenang dan lembut. Kucing ini juga mudah dilatih karena rasa ingin tahunya yang tinggi juga pintar.

Kucing ini sangat senang bermain dengan air. Dia biasanya bermain air dengan cara mencelupkan kaki-kakinya.

6. Japanese Bobtail


Japanese Bobtail juga memiliki ekor yang pendek sebagaimana American Bobtail. Hanya saja perawakan dan bulunya sedikit berbeda. Kucing ini juga sangat senang bermain dengan air. Kucing ekor bundel jepang adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari Jepang. Kucing ini sudah ada sejak ribuan abad yang lalu. Nama ras ini banyak disebutkan dan digambarkan dalam berbagai dokumen-dokumen kuno Jepang.

7. Kucing Manx


Kucing Manx secara sepintas seolah-olah seperti tidak memiliki ekor atau buntung. Ataupun kalau ada bentuknya sangat pendek sekali. Ini karena mutasi genetik yang dialaminya. Manx juga suka bermain di air, ia biasanya akan mencelupkan-celupkan kakinya ketika bermain.

Manx berasal berasal dari pulau kecil di Britania Raya, tepatnya di pulau Mann (Isle Of Man). Daerah asalnya yang berupa pulau dimungkinkan adalah penyebab yang membuatnya terbiasa dan menyukai bermain di air. Disisi lain, kucing ini juga biasa disebut anjing versi kucing karena dia senang membawa mainan yang dilempar pemiliknya.

8. Abyssinian


Ras kucing ini termasuk salah satu ras kucing mahal. Dia sangat cocok dijadikan teman bermain karena sifatnya yang sangatlah aktif, dia bukan tipe kucing yang lebih suka tidur-tiduran atau dipangku pemiliknya. Melompat, memanjat, dan menangkap sesuatu merupakan keahlian kucing Abyssinian. Dia juga senang bermain di air dengan cara mencelupkan kaki-kakinya.

Kucing Abyssinian adalah salah satu ras kucing berbulu pendek tertua yang pernah diketahui. Abyssinian banyak menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman Mesir Kuno. 

9. Bengal


Kucing bengal berasal dari persilangan antara kucing domestik dengan kucing hutan Asian Leopard Cat (Prionailurus bengalensis). Kucing ini banyak digemari karena corak bulunya yang unik yaitu berwarna coklat atau cinnamon dengan bintik kehitam-hitaman yang menyebar di seluruh bagian tubuh.

Kucing bengal juga suka dengan air karena nenek moyangnya yaitu leopard cat adalah kucing hutan yang sangat pandai mencari ikan. Kucing bengal akan sangat senang mencelupkan kakinya ke dalam air yang dipenuhi mainan-mainan kesukaannya.

10. Savannah


Salah satu ras kucing termahal ini merupakan keturunan dari kucing hutan Serval (Leptailurus Serval) dengan kucing domestik. Nenek moyangnya yang merupakan kucing hutan membuat perawakannya sangat tinggi, kokoh, berotot, dengan telinga yang cukup besar. Dia juga merupakan kucing yang cukup pintar serta suka bermain di air.

Apabila kita memelihara jenis kucing seperti diatas, yaitu tidak takut akan air, tentu punya keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah mudah apabila dimandikan. Hal ini karena naluri asli mereka yang memang bisa beradaptasi dengan air. Kemudahan tersebut tentu juga harus diimbangi dengan pemberian shampoo yang sesuai untuk mereka, dalam arti harus shampoo khusus hewan. Ini untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu mereka.

Kita bisa menggunakan shampoo Petapeto. Shampoo petapeto adalah shampoo khusus hewan yang terbuat dari bahan alami yang sekaligus juga berfungsi sebagai antiseptik. Selain menyehatkan, shampoo petapeto juga akan menjadikan bulu hewan peliharaan menjadi lebih lembut dan halus.(gm/odj)