Punya Hewan Peliharaan Ternyata Banyak Manfaatnya bagi Anak

Punya Hewan Peliharaan Ternyata Banyak Manfaatnya bagi Anak

Hewan dikenal sebagai teman manusia sejak jaman dahulu kala. Pada kenyataannya, hewan tidak hanya berteman dengan orang dewasa, pada anak-anak pun mereka juga bisa menjadi sahabat. Demikian juga dengan manfaat interaksi diantara mereka. Ternyata, anak-anak juga akan mendapatkan manfaat lebih ketika berinteraksi dengan hewan peliharaan yang dimiliki.

Selain sebagai hiburan dan teman untuk si kecil, hewan peliharaan sejatinya punya beberapa manfaat yang bagus untuk perkembangan emosinya. Dengan memelihara hewan peliharaan, anak akan banyak belajar tentang berbagai hal. Salah satunya adalah tentang rasa kasih sayang antar makhluk ciptaan Tuhan. Untuk lebih lengkapnya, berikut pembahasan tentang manfaat yang bisa diperoleh oleh anak ketika memiliki hewan peliharaan.

1. Mengajarkan sifat kasih sayang 
Pada umumnya anak kecil akan menyukai hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci ataupun yang lain. Ini karena bentuk mereka yang imut dan lucu. Dengan memelihara hewan tersebut, bisa mendidik anak mempunyai sifat penyayang pada sesama. Karena ketika punya hewan peliharaan, biasanya anak akan sangat menyayanginya. Sehingga timbullah pribadi penyayang pada dirinya.

2. Punya rasa empati
Punya hewan peliharaan juga akan membuat empati anak menjadi lebih tinggi. Ini kerena dia terbiasa berinteraksi dan mengurus hewan kesayangannya. Hal tersebut akan membuat dia menjadi lebih peduli pada lingkungan dan juga sesamanya. Kebiasaan merawat hewan peliharaannya juga akan mendidik jiwanya untuk lebih bisa memahami makhluk lain.

3. Belajar bertanggung jawab
Punya hewan peliharaan tentunya tidak hanya untuk sekedar bisa bermain dengan mereka. Memelihara hewan juga butuh untuk mengurusnya. Meliputi memberi makan, membersihkan kandang, memandikan ataupun kebutuhan lainnya.

Dengan memiliki hewan peliharaan, secara tidak langsung anak juga akan ikut mengurus hewan peliharaannya tersebut. Ini akan melatihnya untuk menjadi bertanggung jawab terhadap sesuatu secara sedikit demi sedikit. Hal tersebut tentunya akan memupuk dan menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam dirinya.

4. Memperkuat hubungan dalam keluarga
Adanya hewan peliharaan dirumah juga bisa menjadikan hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih erat dan harmonis. Tapi syaratnya adalah hewan peliharaan tersebut harus jenis hewan yang disukai oleh seluruh anggota keluarga. Sehingga tidak ada saling lempar tanggung jawab untuk pemeliharaannya.

Memberi makan, membersihkan kandang, memandikan ataupun pengurusan hewan lain nantinya bisa dilakukan secara bersama-sama. Interaksi lainnya seperti bermain atau mengajak hewan jalan-jalan juga akan meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga. Hal ini tentu akan memberi efek positif pada anak dan mempererat ikatan diantara anak dan seluruh anggota keluarga.

5. Anak menjadi lebih sehat
Ada sebuah studi tahun 2012 yang menunjukkan fakta bahwa anak yang hidup dalam lingkungan keluarga yang mempunyai hewan peliharaan dalam rumah mereka, memiliki lebih sedikit resiko mengalami alergi daripada yang tidak terbiasa hidup dalam keluarga tanpa hewan peliharaan didalamnya.

Clinical & Experimental Allergi mempublikasikan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang semenjak bayi hidup bersama hewan peliharaan dalam keluarganya, akan berkurang tingkat alerginya. Penyebabnya dimungkinkan kerena dia sudah terbiasa hidup dan berinteraksi bersama peliharaannya. Kebiasaan ini menjadikan daya tubuhnya menguat seiiring dengan bertambahnya umur serta lamanya dia tinggal bersama.

Anak yang hidup dalam keluarga yang memiliki hewan peliharaan, dalam penelitian lain juga disebutkan lebih tahan dan kebal terhadap eksema, alergi, dan demam musiman. Demikian halnya anak akan menjadi lebih sehat karena sering bergerak ketika bermain atau interaksi lain dengan hewan peliharaannya.

6. Membuat anak lebih betah di rumah
Tingkah laku hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, tentulah akan membuat suasana dalam keluarga menjadi lebih hidup dan berwarna. Bahkan ada yang menganggap binatang peliharaan mereka adalah bagian penting dari keluarga layaknya anggota keluarga itu sendiri. Ini kerena keberadaan mereka telah mempersatukan seluruh anggota keluarga dan menghidupkan atmosfer keluarga lebih ceria dan gembira.

Seorang anak tentunya akan lebih betah berada di rumah dengan keadaan dan suasana yang menyenangkan tersebut. Bahkan sangking cintanya anak dengan peliharaannya, terkadang akan membuat mereka rindu dan selalu teringat ketika berada jauh dari rumah. Dengan lebih kerasannya anak di rumah, tentunya juga akan memperingan beban orang tua untuk selalu bisa memonitor keberadaan anaknya.

7. Sebagai terapis untuk anak 
Anak yang menderita autisme biasanya mengalami masalah dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini bisa saja menjadikan anak yang mengalami gejala atau sudah menderita autisme, terkadang sulit diterima masyarakat karena tingkah lakunya yang tidak biasa dari anak seumuran.

Dengan memiliki hewan peliharaan, si anak akan bisa belajar berinteraksi dan merawat hewan peliharaannya tersebut. Ini bisa menjadi terapi sehingga bagus dan sangat bermanfaat untuk bertumbuhan serta perkembangan anak tersebut. Seperti yang dilansir dari Mentalfloss, membiarkan anak pre-autism dan post-autism bermain dengan kucing dapat menstimulasi saraf mereka menjadi lebih stabil.

Demikian juga pada anak yang hiperaktif, yaitu aktivitas anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Memelihara hewan akan mampu mendorong mereka untuk memusatkan perhatian dengan aktifitas pemeliharaan serta interaksi lain pada hewan peliharaan. Ini sekaligus juga mendidik mereka untuk lebih care terhadap orang lain di sekitarnya. 

Dengan ada banyaknya manfaat hewan peliharaan bagi anak, maka tidak perlu ragu lagi untuk memiliki hewan peliharaan di rumah. Tapi harus diingat selalu, kita mesti menjaga kebersihannya dan merawatnya dengan benar. Kerena bukannya menjadi sumber kegembiraan, adanya hewan peliharaan bisa saja menjadi sumber penyakit apabila pemeliharaannya sembarangan dan tanpa menjaga kebersihan.

Untuk menjaga kehigienisan kandang dan alat yang berhubungan dengan hewan peliharaan, selain memelihara kebersihannya gunakanlah selalu Biosepty sebagai disinfektan untuk mencegah berkembangnya bibit penyakit.

Biosepty spray merupakan formulasi 100% natural sehingga aman bagi hewan peliharaan. Selain itu, biosepty akan mampu menetralisir bau dari hewan maupun kotorannya apabila digunakan. Karena aroma Biosepty benar-benar aroma alami tanpa campuran pewangi kimia.(gm/odj)