Punya Hewan Peliharaan itu Asyik, 9 Hal ini adalah Penyebabnya

Punya Hewan Peliharaan itu Asyik, 9 Hal ini adalah Penyebabnya

Memiliki hewan peliharaan saat ini adalah hal yang sudah umum di masyarakat. Banyak berbagai jenis hewan yang dijadikan peliharaan, mulai yang umum dipelihara, sampai hewan yang terdengar aneh apabila dipelihara.

Pengertian hewan peliharaan secara umum adalah hewan yang tinggal bersama manusia dan dirawat oleh manusia tersebut. Sebenarnya kalau dilihat dari keberadaannya dan juga hubungannya dengan manusia, hewan itu bisa dikategorikan dalam tiga golongan.

Pertama hewan liar, yaitu hewan yang hidup bebas baik di perkampungan, hutan, sungai ataupun laut.

Kedua hewan peliharaan, yaitu hewan yang dirawat manusia untuk hobi atau kesenangan.

Ketiga hewan ternak, yaitu hewan yang dipelihara manusia karena untuk diambil manfaatnya. Semisal daging, susu, telur atau yang lainya.

Masalah hewan peliharaan, kalau kita tanya pada pemilik hewan peliharaan, mengapa mereka memelihara hewan tersebut...
Jawaban yang paling banyak terlontar pastinya adalah suka atau senang.
Memang, memelihara hewan punya keasyikan tersendiri, dan itu hanya bisa dirasakan oleh orang yang punya kasih sayang alias senang pada binatang.

Bagi yang belum pernah memelihara hewan, pastinya bertanya-tanya, apa asyiknya punya hewan peliharaan?
Bikin repot saja...

Merawat hewan peliharaan memang gampang-gampang susah. Selain harus memberi makan dan tempat tinggal, susahnya lagi kita harus sabar merawatnya. Ini karena ada kemungkinan hewan tersebut susah mandi, berbulu atau berambut lebat, berkulit sensitif, dan lain sebagainya.

Selain perawatan untuk bulu hewan peliharaan, kita juga harus memperhatikan kebersihan kuku mereka. Jika kuku hewan peliharaan dibiarkan panjang, hal ini dapat membahayakan hewan tersebut karena dapat melukai tubuhnya. Termasuk melukai kita sebagai pemiliknya meski hal itu bisa terjadi tanpa sengaja.

Itu mungkin beberapa kesulitan yang harus dihadapi orang yang punya hewan peliharaan. Akan tetapi disamping hal tersebut, ada banyak manfaat dan keuntungan dari memelihara hewan. Diantaranya adalah :

1. Menurunkan stress
Menurut psikologi, aktifitas menyenangkan dengan hewan peliharaan akan meningkatkan kadar hormon dopamin dan serotonin. Hal ini akan membantu menimbulkan perasaan bahagia dan tenang.

2. Melatih tanggung jawab
Tanggung jawab merupakan bentuk kekuatan mental, ini bisa dilatih dengan bertanggung jawab terhadap hewan peliharaan.

Bertanggung jawab disini tidak hanya sebatas memberikan makan pada hewan peliharaan dan menyediakan tempat tinggal, akan tetapi juga menjaga kesehatanya. Diantaranya adalah respon cepat ketika hewan terluka. Hewan sering kali terluka karena tingkah lakunya. Bisa karena berkelahi dengan hewan lain, terjatuh, tergores atau lain sebagainya. Usahakan di rumah selalu menyediakan biodin.

Biodin merupakan obat herbal Foodgrade (aman apabila terjilat hewan) yang ampuh dalam penyembuhan luka, baik luka baru ataupun lama, bahkan yang sudah mengalami infeksi (borok). Biodin juga bisa digunakan sebagai obat penyakit kulit lain (kurap, kudis, dll) sekaligus antiseptik bagi hewan peliharaan.

3. Menjadi hobi positif
Memelihara hewan adalah kegiatan yang butuh alokasi waktu tersendiri untuk melakukannya. Itu bisa dilakukan pada waktu senggang atau kita jadwal sendiri waktu yang tepat dalam pelaksanaannya. Dengan menekuninya kita bisa terhindar dari terjerumus pada kegiatan yang negatif, karena kita sudah punya kegiatan lain yang lebih positif.

4. Bertemu teman baru
Sekarang ini sudah banyak grup-grup pecinta hewan, dengan masuk grup tersebut akan menambah teman baru yang punya kesamaan hobi. Disana juga kita bisa ngobrol dan sharing-sharing yang tentu juga menjadi kesenangan tersendiri.

5. Merasa di dengar
Sering kali seseorang kesulitan untuk mengutarakan dan mengungkapkan sesuatu karena satu atau lain hal. Hewan peliharaan bisa menjadi tempat kita curhat. Mereka bisa menjadi pendengar yang setia, walaupun tentunya tidak akan bisa dimintai pendapat, he..he...

6. Menjadi penjaga keamanan diri kita
Hewan peliharaan sangatlah mengerti dengan bahasa kasih sayang yang kita berikan kepada mereka. Mereka akan melindungi kita jika kita berada dalam kondisi bahaya.

Contoh nyatanya adalah memelihara anjing. Jika kita menyayanginya dengan tulus dan ikhlas, anjing tersebut bisa kita gunakan untuk menjaga diri kita dan keluarga dari ancaman dan marabahaya yang bisa mengintai kita setiap saat.

Disinilah peranan balas budi yang dilakukan oleh hewan peliharaan kepada para majikannya yang selalu menyayanginya secara tulus dan ikhlas.

7. Merupakan bentuk cinta kasih kepada makhluk Tuhan
Hewan juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan, dengan menyayanginya berarti kita juga sudah berbuat sebuah kebaikan. Dan Allah sudah berjanji, sekecil apapun sebuah kebaikan maka akan ada balasannya.

8. Bisa mengusir hama atau hewan pengganggu yang datang
Hewan peliharaan juga bisa berfungsi sebagai pemburu dan pengusir hewan pengganggu.

Contohnya adalah memelihara kucing. Tikus yang biasanya menjadi pemakan segala dan pembuat kotor, tidak akan bisa berbuat semaunya dengan adanya kucing dirumah.

9. Menjadi peluang bisnis
Hewan peliharaan yang dirawat dengan baik bisa saja akan berkembang biak menjadi lebih banyak. Ini bisa menjadi peluang untuk menghasilkan pemasukan tambahan dengan menjual anak keturunannya. Bisa jadi ini menjadi bisnis baru bagi kita.

Pada masa sekarang bisnis yang berhubungan dengan hewan peliharaan adalah bisnis yang menggiurkan. Hal ini terjadi karena punya hewan peliharaan tidak hanya hobi tapi juga tren. Bisnis tersebut tidak hanya terfokus pada binatang peliharaan itu sendiri, tetapi juga  segala sesuatu yang terkait pada binatang tersebut. Misalnya tempat penitipan hewan, klinik hewan, kandang hewan, aksesoris dan lain sebagainya.

Bisa jadi punya hewan peliharaan adalah hobi yang menguntungkan, yaitu sebuah kesenangan yang menghasilkan pundi-pundi uang. Seperti kata Kang Emil. Gubernur Jawa Barat, "Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia itu adalah hobi yang dibayar".(gm/odj)