Musim Hujan Tiba, Waspadai Dampaknya pada Hewan Peliharaan

Musim Hujan Tiba, Waspadai Dampaknya pada Hewan Peliharaan

Di Indonesia musim hujan sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Musim hujan bagi manusia memiliki berkah tersendiri, kerena akan memudahkan untuk bercocok tanam dan berbagai keuntungan lain dari turunnya hujan.

Disisi lain, ada yang harus diwaspadai selama musim hujan. Bagi manusia musim hujan bisa berdampak pada kesehatan mereka. Ketika daya tahan tubuh berkurang, flu atau penyakit lain bisa saja menyerang. Demikian juga hewan peliharaan kita, musim hujan juga bisa berdampak bagi kesehatan mereka.

Menurut beberapa peneliti, pada musim hujan biasanya terjadi kondisi yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD). SAD adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Jika kita merasakan gejala melemahnya energi dan merasa moody pada musim-musim tertentu, besar kemungkinan kita sedang mengalami gangguan ini.

Dikutip dari tempo.co, ditemukan fakta yang menarik, bahwa hewan peliharaan pun bisa juga dipengaruhi oleh perubahan musiman ini.

Menurut Dr. Nicholas Dodman, seorang ahli perilaku hewan, profesor di Tufts University, dan penulis beberapa buku, "Segala sesuatu di arena psikologis atau psikiatri yang mempengaruhi orang akhirnya ditemukan juga mempengaruhi hewan domestik".

Menurut survei oleh People's Dispensary for Sick Animals (PDSA), sebuah badan amal UK Veterinary, sebanyak satu dari tiga pemilik anjing telah menemukan depresi - seperti gejala SAD pada anjing mereka dan setengah melaporkan bahwa anjing mereka tidur lebih banyak di musim dingin, salah satu gejala dari SAD.

DoveLewis Veterinarian & Critical Care Specialist Dr. Ladan Mohammad-Zadeh, menyebutkan bahwa genangan air kotor di jalan atau di halaman bisa menjadi sumber masalah bagi hewan peliharaan kita.

"Air genangan yang kotor dapat membawa bahan kimia beracun atau bakteri dan parasit berbahaya yang bisa membuat hewan peliharaan sakit, “ ujar Zadeh.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa mengancam pada hewan peliharaan saat musim hujan tiba.

1. Leptospirosis
Yaitu suatu kondisi infeksi organ dalam (yang disebabkan oleh bakteri Leptospira) yang dapat menjadi serius dan paling sering terjadi pada anjing. Kasus kucing jarang terjadi, kalaupun ada dengan gejala yang lebih ringan. Sumbernya dari air di sungai, danau, atau sungai, atau genangan air yang mengandung urin dari hewan lain atau satwa liar. Penyakit ini juga bisa menular pada manusia.

2. Giardia 
Adalah infeksi pada usus halus yang disebabkan oleh parasit bernama giardia lamblia. Giardia adalah parasit protozoa mikroskopik yang berasal dari air yang terkontaminasi oleh feses. Giardia dapat muncul dari air limbah yang tidak diolah, atau kolam alami yang dikotori oleh satwa liar. Parasit bertahan di iklim yang sejuk dan basah. Ini adalah salah satu parasit paling umum yang menginfeksi hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan burung.

Selain ancaman penyakit diatas, musim hujan juga berpotensi menyebabkan gangguan kulit pada hewan peliharaan. Hal ini bisa terjadi terutama pada hewan yang berbulu tebal seperti anjing dan kucing. Penyakit kulit ini sering kali muncul dikarenakan kelembapan udara yang mengakibatkan lingkungan hewan peliharaan juga menjadi lembab. Apalagi apabila kebersihan kandang atau lingkungannya kurang dijaga, hewan peliharaan akan sangat rentan terjangkit penyakit kulit.

Penyakit kulit dapat menimbulkan iritasi pada kulit hewan. Hewan peliharaan terkadang sering menggaruk atau menjilat secara obsesif sebagai respon dari adanya penyakit ini. Ini juga yang menjadi penyebab timbulnya kerontokan bulu pada hewan, selain karena iritasi itu sendiri.

Untuk mencegah gangguan kulit tersebut, kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan juga kandang hewan peliharaan. Selain hal itu, kita bisa menjaga kebersihan dan merawat kulit hewan peliharaan dengan memandikannya menggunakan shampoo yang juga berfungsi sebagai antiseptik, dan itu bisa kita dapati pada shampoo petapeto.

Shampoo petapeto adalah shampoo khusus hewan sekaligus antiseptik yang berguna untuk mencegah dan mengobati masalah kulit seperti kutu, ketombe, jamur, scabies, exim dan lain-lain. Selain itu, shampoo petapeto juga bisa menjadikan bulu hewan peliharaan menjadi lebih lembut.

Musim hujan bukanlah sesuatu yang harus dibenci, karena itu adalah kodrat alam. Dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan, kita bisa menjaga kesehatan diri dan juga hewan kesayangan.(gm/odj)