Memelihara Kucing Kampung? Kenapa Tidak, Berikut kelebihannya

Memelihara Kucing Kampung? Kenapa Tidak, Berikut kelebihannya

Sebagaimana diketahui banyak sekali jenis kucing didunia ini. Penggolongannya pun juga bermacam-macam. Ada kucing domestik, kucing liar, kucing hibryd ataupun mungkin penggolongan yang lain. Untuk kali ini kita akan membahas masalah memelihara kucing yang banyak berkeliaran di perkampungan manusia atau biasa disebut dengan kucing kampung atau kucing lokal.

Dikalangan pemelihara kucing, bila dilihat dari segi keturunannya, kucing kampung biasanya merupakan kucing yang sebenarnya tidak diketahui jalur murni asal ras nya. Kucing kampung adalah hasil mix alami (tanpa campur tangan manusia) selama bertahun-tahun melibatkan berbagai macam ras kucing yang berbeda-beda. Makanya untuk jenis kucing impor biasanya disebut kucing ras, karena mereka punya jalur keturunan yang jelas seperti kucing ras persia, ras anggora, ras mainecoon, ataupun yang lain.

Kucing kampung atau lokal biasanya juga ada yang menyebut kucing domestik. Ini merujuk pada arti kata domestik sendiri yaitu sesuatu yang berhubungan di dalam negara itu sendiri. Jadi kucing domestik adalah kucing yang berasal dari dalam negara itu sendiri bukan kucing impor. Kucing tersebut sudah ada didaerah tersebut sejak dahulu kala. Disisi lain, kucing kampung juga disebut kucing domestik karena merupakan kucing yang sudah jinak dan terbiasa hidup diantara manusia, dalam arti bukan kucing liar yang biasanya hidup di hutan atau alam liar lain.

Memang selama ini kucing kampung, atau lebih kerennya disebut kucing domestik, masih dianggap sebelah mata oleh sebagian pemelihara kucing. Ini biasanya dipengaruhi oleh tampilan kucing impor atau kucing ras yang dirasa lebih eksotik dari segi bulunya, perawakan tubuhnya yang lebih besar ataupun faktor keunikan yang lain.

Kelebihan kucing kampung
Dalam segala hal pastinya ada kelebihan dan kekurangannya, demikian juga dalam masalah pemeliharaaan kucing kampung. Sebenarnya bila ditelusuri, banyak juga kelebihan kucing lokal atau kucing kampung bila dibandingkan dengan kucing impor, diantaranya adalah :

1. Mudah diperoleh
Kucing kampung banyak tersebar dimana-mana sehingga mudah diperoleh. Apabila kita ingin memelihara mereka, kita bisa memungut kucing yang berkeliaran bebas tanpa pemilik. Pilihan lain bisa juga mengadopsi milik orang lain yang memiliki banyak kucing kampung, dan ini biasanya gratis.

2. Pemeliharaan mudah dan fleksibel
Memelihara kucing kampung relatif lebih mudah. Salah satu faktornya adalah bulunya yang tergolong standar, jadi tidak panjang seperti anggora atau persia, dan juga tidak gundul seperti Sphynx atau sejenisnya. Kalau pingin terlihat rapi dan cantik tentunya harus dijaga kebersihan tubuh dan bulunya, akan tetapi tidak akan serumit ketika kita memelihara jenis kucing ras yang longhair.

Untuk makanannya pun kucing kampung tergolong mudah. Walaupun kucing sebenarnya binatang carnivora, tetapi karena sudah terbiasa hidup dilingkungan manusia, kucing kampung bisa makan makanan yang biasa dimakan manusia, kecuali sayuran tentunya. Kita bisa memberi mereka nasi yang dicampur lauk seperti ikan goreng, daging ataupun lainnya.

3. Lincah dan aktif
Kucing kampung tergolong hewan yang lincah dan aktif. Dia terbiasa lari kesana-kemari, meloncat, memanjat, menangkap dan kegiatan lain yang menguras fisik. Hal ini pastinya akan menyenangkan bila mereka kita ajak bermain. Gerakan mereka yang aktif akan menyenangkan bila dilihat.

4. Punya tubuh kokoh dan daya imun bagus 
Kebiasaan kucing kampung yang aktif bergerak dan lincah juga berpengaruh pada tubuhnya. Hal tersebut membuat daya tubuhnya menjadi lebih kuat sehingga tidak gampang terserang penyakit. Kucing Kampung juga memiliki struktur tulang yang kokoh. Mereka biasanya terlihat padat dengan kaki dan leher yang kuat.

Daya tahan tubuh kucing kampung juga dipengaruhi oleh keberadaan mereka yang sudah lama berada di nusantara sejak jaman nenek moyang mereka dahulu, jadi mereka sudah terbiasa dengan cuaca yang ada. Berbeda dengan kucing ras impor yang terkadang perlu penyesuaian dengan cuaca yang berbeda dari tempat asalnya. Penyesuaian dengan cuaca ini tentunya akan berpengaruh pada daya tahan kucing yang bisa saja sakit karena faktor cuaca.

5. Bisa menjaga rumah dan pandai berburu
Kucing kampung juga bisa berperan sebagai penjaga rumah dari hewan melata ataupun hewan liar yang mungkin bisa masuk kapan saja, seperti ular ataupun kadal. Biasanya kucing kampung akan mengusirnya atau malah menjadikan mereka mainan.

Kucing kampung juga termasuk hewan yang pintar berburu. Jadi seumpama dirumah banyak tikus yang berkeliaran, dengan memelihara kucing kampung kita bisa mengurangi populasi mereka atau bahkan membuat mereka pergi untuk mencari tempat tinggal baru. Atau paling tidak tikus-tikus tersebut tidak akan berani berkeliaran seenaknya.

6. Tidak terlalu khawatir hilang atau dicuri 
Ketika memiliki hewan peliharaan dan kita sudah terlanjur suka dan sayang, kita tentu akan sangat geram dan sedih apabila hewan kesayangan hilang atau ternyata dicuri orang untuk dijual ataupun tujuan lain.

Kucing kampung memang punya daya jelajah tinggi, maka tidak heran kalau kita ternyata mendapati mereka berada lumayan agak jauh dari tempat tinggal kita. Tapi kebanyakan kucing kampung punya naluri tinggi untuk bisa pulang ke tempat tinggalnya. Kemungkinan mereka ditangkap orang lain untuk dijual juga sangat kecil, karena keberadaan jenis mereka yang banyak dan murah bahkan belum tentu ada pembeli bila dijual.

Dengan memelihara kucing kampung yang notabene nya berharga murah bahkan gratis, tidak berarti kita boleh hanya memanfaatkan kelebihan mereka tanpa memperhatikan terhadap kebutuhan dan keberadaan mereka. Mereka juga makhluk Tuhan yang harus disayangi sebagaimana makhluk Tuhan yang lain. Makanannya tetap harus diperhatikan dan dirawat dengan baik.

Kucing kampung biasanya terkenal suka berkelahi dengan kucing lain, oleh karenanya kita harus menyediakan obat luka yang terbukti ampuh agar apabila ada luka tidak menjadi infeksi. Luka pada kucing kampung juga bisa terjadi akibat daya jelajahnya yang tinggi. Dan obat hewan yang sudah terbukti efektif untuk penyembuhan luka adalah Biodin.

Biodin adalah obat herbal kategori Foodgrade yang ampuh dalam penyembuhan luka pada hewan, baik luka baru ataupun lama bahkan yang sudah mengalami infeksi (borok). Bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit pada hewan seperti infeksi jamur / kurap, scabies / kudis, gatal-gatal, eksim kulit, demodex, dan radang ambing atau mastitis.(gm/odj)