Manfaat Sanitasi Kandang Hewan dan Cara Penerapannya

Manfaat Sanitasi Kandang Hewan dan Cara Penerapannya

Dalam pemeliharaan hewan darat dan juga burung, tidak hanya keadaan hewannya saja yang perlu diperhatikan. Jikalau hewan peliharaan punya kandang tersendiri, maka keadaannya juga harus diperhatikan. Dalam upaya menjaga kehigienisan kandang hewan peliharaan, ada istilah yang sering dipakai, yaitu sanitasi kandang.

Pengertian sanitasi secara umum adalah upaya pencegahan penyakit melalui pengendalian faktor lingkungan yang menjadi mata rantai penularan penyakit. Dalam hal ini, sanitasi kandang berarti upaya yang dilakukan agar kandang menjadi tempat yang sehat, bukan malah menjadi sumber atau tempat penularan penyakit.

Manfaat dari sanitasi kandang adalah :

1. Meminimalisir penyakit pada hewan
Kandang dan lingkungan yang kotor akan menjadi sarang bibit penyakit serta mengganggu kenyamanan hewan kesayangan. Kondisi ini menjadikan kandang sebagai sarang berbagai macam mikroorganisme patogen seperti halnya bakteri, virus, parasit ataupun jamur.

Dengan menerapkan sanitasi yang bagus pada kandang, maka penyakit pada hewan yang muncul atau berasal dari kandang akan bisa dicegah.

2. Tempat yang nyaman bagi hewan
Bagi hewan, kandang merupakan rumah bagi mereka. Untuk hewan peliharaan, kandang bisa berfungsi sebagai tempat istirahat atau tempat untuk menaruh anak-anaknya. Sedangkan untuk beberapa jenis hewan yang biasanya dikurung, kandang merupakan tempat keseharian mereka.

Kandang yang terawat tentu akan membuat mareka senang dan nyaman tinggal disana, hal ini tentu akan berdampak bagus pada psikologis mereka yang tidak akan gampang menjadi stress.

3. Meningkatkan produk pada hewan konsumsi
Pada hewan konsumsi, perawatan kandang juga hal yang utama selain kebutuhan nutrisi mereka. Sanitasi yang baik akan meningkatkan kesehatan mereka, yang otomatis akan meningkatkan produk yang dihasilkan seperti daging, susu maupun telur.

Lingkungan tempat hewan berada sangat mempengaruhi kemampuan tubuh hewan untuk dapat mengembangkan sistem kekebalannya. Lingkungan yang tak higienis akan mengakibatkan gangguan fungsi fisiologis tubuh, sehingga kemampuan pertahanan tubuh hewan tersebut menjadi menurun. Keadaaan ini akan menjadikan hewan mudah terjangkit penyakit dan juga mempengaruhi pertumbuhan mereka, yang tentu saja juga akan mempengaruhi produk yang mereka hasilkan.

Bagi peternak, hasil adalah tujuan utama. Keterawatan kandang juga bagian penting untuk mencapai hasil yang maksimal.

4. Mengurangi resiko tertularnya penyakit pada manusia
Ketika kandang hewan peliharaan terjaga, maka kesehatan hewan peliharaan pun juga bisa dijaga. Alhasil, ketika kita berinteraksi dengan hewan kesayangan, kita tidak akan takut tertular penyakit dari mereka. Sanitasi yang baik, akan berdampak baik juga untuk kesehatan hewan sendiri, pemilik, pawang, pekerja ataupun lingkungannya.

Hewan kesayangan membutuhkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat untuk bisa memperoleh kesehatan yang optimal. Untuk memperoleh hal tersebut maka diperlukan sanitasi kandang yang baik, meliputi :

1. Pembersihan kandang secara rutin
Membersihkan kandang merupakan hal pokok yang tak boleh dilupakan dalam memelihara hewan. Kebersihan tempat makan dan minum hewan juga tidak boleh dilewatkan.

Sanitasi yang baik akan mengurangi penyebaran bibit penyakit. Demikian juga sebaliknya, sanitasi yang buruk justru menjadikan kandang sarang penyakit. Oleh karenanya, pembersihan kandang secara rutin mutlak diperlukan untuk mencegah hal tersebut.

2. Pemberian disinfektan yang tepat
Disinfektan adalah senyawa yang bisa mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik, seperti bakteri dan virus. Ini juga bisa untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya.

Pemilihan disinfektan yang tepat, akan menjadikan kandang dan juga peralatan pendukungnya menjadi higienis. Biosepty adalah jenis disinfektan alami yang bisa menjadi pilihan. Selain berfungsi sebagai disinfektan yang berguna untuk membunuh bakteri, virus dan jamur, biosepty juga bisa menetralisir bau kotoran hewan. Biosepty juga aman untuk lingkungan dan udara, kerena berbahan dasar herbal.

3. Mengurangi kadar kelembaban kandang
Kondisi kandang yang lembab, bisa mengakibatkan mikroorganisme menjadi cepat berkembang sehingga dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Lingkungan yang terlalu dingin atau lembab juga dapat menyebabkan keseimbangan pertukaran zat menjadi terganggu, sehingga pertumbuhan dan kekebalan tubuh hewan pun akan menjadi buruk.

Untuk itu, diusahakan agar kandang  selalu kering. Untuk kandang hewan yang berukuran kecil dan bisa dipindah-pindahkan, kita bisa menggunakan bantuan matahari untuk mengeringkanya, atau menggunakan blower jika kondisi cuaca tidak mendukung. Sedangkan kandang yang besar, usahakan agar bentuknya memungkinkan sirkulasi udara berjalan sangat baik, sehingga kandang tidak menjadi gampang lembab, atau kalau mungkin mengusahakan sinar matahari bisa masuk.

Seperti halnya rumah bagi manusia. Jikalau keadaannya teratur, bersih dan nyaman, maka sang pemilik rumah juga akan betah tinggal disana. Demikian juga kandang hewan peliharaan. Jikalau keadaannya terawat dan sehat, tentu hewan peliharaan akan nyaman tinggal disana dan kemungkinannya terjangkit penyakit akan semakin kecil.(gm/odj)