Ingin Bulu Kucing Anda Tetap Indah dan Sehat? Begini Cara Merawatnya

Ingin Bulu Kucing Anda Tetap Indah dan Sehat? Begini Cara Merawatnya

Salah satu daya tarik dari dari hewan peliharaan adalah keindahan bulunya. Demikian juga kucing, keindahan bulunya akan semakin membuat kita gemas ketika melihatnya. Ketika mereka sedang santai atau tiduran, bulu kucing yang rapi dan sehat akan semakin menambah anggun keberadaan mereka. Ini tidak hanya pada jenis kucing yang longhair, yang shorthair pun akan kelihatan lebih imut jikalau bulunya tidak kumal dan sehat.

Bulu kucing yang dirawat dengan baik oleh pemiliknya akan semakin menambah cakep si kucing. Sebenarnya kucing adalah penata rambut yang baik, dia sering menjilati sendiri bulunya. Lidah kucing berbentuk tekstur kasar yang dipenuhi air liur. Ketika ia menjilati bulunya, secara tidak langsung juga membersihkan dan merapikan bulunya sendiri. Akan tetapi bila pemiliknya juga care, maka bulu kucing akan semakin cakep dan nggemesin.

Bulu kucing yang bagus dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah masalah kesehatan, makanan, kebersihan kandang, lingkungan, dan psikologis kucing. Itu semua harus diperhatikan demi menjaga keindahan bulu kucing.

Selain memperhatikan faktor-faktor diatas, beberapa hal berikut perlu dilakukan untuk menjaga keindahan bulu kucing.

1. Memandikan kucing

Untuk menjadi keindahan bulunya, memandikan kucing mutlak diperlukan. Selain menjaga kelembutan bulu, ini bertujuan untuk membersihkan kotoran, kutu atau mungkin parasit lain yang ada di kulit kucing. Walaupun kucing sudah terbiasa membersihkan dirinya dengan menjilati bulunya, dengan memandikanya maka kebersihanya akan lebih terjaga. Akan tetapi perlu dingat, janganlah terlalu sering memandikan si kucing, karena tidak bagus untuk bulu kucing sendiri. Lakukanlah minimal 2 minggu sekali, atau memang saat diperlukan. Seperti setelah kucing bermain ditempat kotor, maka memandikannya bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Untuk proses memandikanya, Anda bisa membawa kucing grooming di petshop, ataupun bisa dilakukan dirumah untuk lebih menghemat biaya.

Apabila memandikan kucing dirumah lebih dipilih, maka kita harus menyiapkan peralatan mandi untuk si kucing, seperti shampoo, handuk, bak berisi air hangat dan lain sebagainya.

Shampoo yang digunakan haruslah shampoo untuk hewan peliharaan. Jangan menggunakan shampoo untuk manusia. Walaupun biasanya dilabel shampoo untuk anak-anak diklaim bersifat lembut dan juga bisa untuk melembutkan rambut, tetap saja ini tidak cocok digunakan untuk kucing. Ini dikarenakan beberapa bahan dari shampoo untuk anak-anak seperti sulfat dan mungkin juga pewarna tidak direkomendasikan untuk bulu hewan peliharaan. Selain itu juga hindari shampoo yang terbuat dari bahan parabens, sodium lauril sulfat, pewarna buatan, atau petrokimia.

Salah satu shampoo yang bisa digunakan adalah shampoo katobu. Shampoo katobu merupakan shampoo herbal berbahan alami yang berfungsi untuk membersihkan dan menjaga kesehatan kulit serta bulu hewan peliharaan. Shampoo katobu sekaligus bisa digunakan untuk menghilangkan kutu dan juga ketombe pada kulit kucing.

Setelah selesai mempersiapkan peralatan mandi untuk kucing, kita bisa mulai dengan membasuh tubuh si kucing. Jangan langsung disiram sekaligus menggunakan banyak air ke tubuh kucing, harus sedikit demi sedikit agar kucing tidak kaget.

Setelah selesai dibasuh, tuangkan shampoo khusus kucing sedikit demi sedikit dan ratakan, tapi jangan sampai kebanyakan. Lakukan hal tersebut sambil memijit-mijit si kucing agar lebih rileks. Pemijatan Ini juga bagus untuk pertumbuhan bulu kucing.

Setelah proses penyampoan merata, lalu bilas kembali untuk pembersihan secara total. Selanjutnya kita bisa menggunakan blower untuk proses pengeringannya. Bila tidak ada kita bisa menggunakan handuk. Usaplah secara merata keseluruhan bagian tubuh kucing dengan perlahan-lahan. Usahakan pakai handuk tersendiri untuk pengeringan bulu kucing, jangan pakai handuk Anda, he..he..he..

2. Memberikan bedak pada kucing

Memberikan bedak pada kucing biasa disebut dry grooming. Yaitu memandikan kucing untuk tujuan membersihkannya bukan menggunakan air melainkan bedak tabur.

Dry grooming bisa dilakukan saat pertengahan jadwal grooming rutin. Misalnya jika jadwalnya tiap dua pekan sekali, dry grooming bisa dilakukan pada pekan pertama. Dry grooming bisa juga dilakukan sebagai gantinya mandi ketika kucing akan mendapat efek buruk ketika dimandikan, seperti ketika sakit atau hamil.

Pada dry grooming, bedak tersebut berfungsi sebagai penghilang kutu, serta mengikat debu dan minyak di badan kucing. Adapun caranya adalah, buat kucing nyaman dengan posisinya terlebih dahulu. Kemudian sibak bulu kucing sampai terlihat kulit tubuhnya. Selanjutnya baru bedak ditabur di bagian kulitnya tersebut. Untuk bagian kepala, berhati-hatilah agar tidak sampai mengenai mata.

Jika bedak sudah ditabur, langkah selanjutnya adalah menyisir bulu kucing. Ini dilakukan agar bedak tidak lagi menumpuk di badan, sebab kucing sangat gemar menjilat bulu di badannya. Sisir dengan lembut dan berulang-ulang sampai bedak tidak lagi memenuhi tubuhnya.

3. Menyisir bulu kucing

Pada jenis kucing tertentu yang memiliki bulu panjang, seperti ras persia atau anggora, tentunya membutuhkan perawatan lebih untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulunya. Menyisir rambut kucing secara rutin, bisa jadi solusi untuk menjaga keindahan bulunya.

Sebelum menyisir, usap-usaplah bagian punggung kucing terlebih dahulu supaya dia nyaman. Kemudian secara bertahap sisir dulu bagian perut dan kaki, lalu kepala dan bagian tubuh atas sampai ekor. Sisir dengan lembut dan berbalik arah agar bulu mati si kucing terangkat. Bisa juga ditambah sedikit bedak kucing seperti pada proses dry grooming.

Selain untuk membersihkan dan merapikan bulu kucing, menyisir juga bisa mendekatkan sisi emosional kita dengan kucing peliharaan.

Dalam perawatan bulu kucing, terkadang orang punya metode sendiri-sendiri dalam pelaksanaannya. Tiga metode diatas bisa dijadikan alternatif bagi yang belum punya metode khusus dalam perawatan bulu hewan peliharaan. Model perawatan diatas tidak hanya dikhususkan untuk kucing tipe longhair, tetapi juga bisa untuk tipe shorthair seperti kucing lokal.

Dengan perawatan yang baik, selain menjadikan kucing tambah cakep, ini bisa menghindar kita dari bahaya bulu kucing. Dimana bulu kucing yang kotor dan rontok bisa jadi penyebab timbulnya penyakit pada manusia.(gm/odj)