6 Tips Agar Kucing Tetap Nyaman Berada dalam Rumah

6 Tips Agar Kucing Tetap Nyaman Berada dalam Rumah

Menjaga hewan peliharaan seperti kucing agar tetap happy dan nyaman di dalam rumah, sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar kucing tidak stress atau mungkin malah kabur alias minggat dari rumah.

Terkadang kucing menjadi stress apabila berada didalam kandang atau ruangan secara terus-terusan. Ciri-ciri stress pada kucing diantaranya adalah kucing tidak mau makan, tidur terus, menyendiri (tidak aktif), kencing sembarangan, atau suka marah-marah.

Agar kucing tidak stress karena berada dalam ruangan terus-menerus, kita bisa mengajaknya pergi atau jalan-jalan untuk mengembalikan moodnya. Akan tetapi apabila kita tidak bisa melakukannya karena keterbatasan waktu atau alasan lainya, kita bisa menggunakan beberapa tips berikut agar kucing tetap happy dan nyaman berada di rumah.

1. Cukupi makanannya

Makanan adalah faktor vital dalam kehidupan mahluk hidup. Demikian juga kucing, dengan tercukupinya asupan makanan maka bisa membuat moodnya bagus.

Mengenai jenis makanannya, pilihlah yang paling disukai oleh kucing dan sesuai kebutuhan nutrisinya. Makanan yang variatif juga bagus untuk kucing. Selain raw food atau wet food yang kaya protein, kita bisa memberikan dry food sebagai cemilanya. Semuanya bisa kita sesuaikan dengan kantong kita, yang penting jangan memberikan sembarang makanan pada kucing. Pilihlah yang memang betul-betul makanan untuk kucing. Pemberian makanan sembarang bisa berpengaruh buruk pada kesehatan kucing.

2. Buat lingkungan kucing nyaman

Kucing adalah hewan yang suka kenyamanan dan kebersihan. Kucing sering menjilati tubuh atau bulunya untuk membersihkan diri, juga agar membuat dirinya nyaman.

Berdasarkan hal tersebut, jagalah lingkungan kucing terutama kandangnya selalu dalam keadaan bersih dan higienis. Jangan tunggu ketika sudah banyak kotoran baru dibersihkan. Gunakan juga disinfektan agar kandang bebas bakteri dan kuman.

Kita bisa memilih biosepty sebagai disinfektan untuk kandang hewan kesayangan. Biosepty merupakan disinfektan alami yang ampuh membasmi bakteri, kuman dan virus berbahaya serta mampu menetralisir bau kotoran hewan. Jadi selain bersih dan higienis, kandang juga akan terbebas dari bau yang tidak sedap.

Ketika kita menjadikan kandang dan lingkungan sekitar nyaman serta bersih, juga terbebas dari bau yang tidak sedap, maka kondisi ini akan membantu dalam menjaga kondisi mood kucing agar selalu bagus terutama bagi kucing betina.

3. Lengkapi ruangan kucing

Pemasangan AC (air conditioner) juga bagus untuk kenyamanan kucing. Ini bisa membuat kucing betah berlama-lama didalam ruangan karena kondisinya yang sejuk. Pemasangan AC juga bisa membantu menstabilkan kondisi kulit kucing sehingga bebas dari kulit kering yang bisa mengakibatkan ketombe.

Kita juga bisa melengkapi ruangan lingkungan kucing dengan beberapa tempat istirahat yang berbeda tingginya. Ini akan memberi keleluasaan pada kucing untuk berpindah tempat. Bagus juga apabila diberi benda yang memudahkan kucing untuk mencakar atau menggaruk-garuknya. Ini merupakan insting alami mereka. Kucing biasanya mencakar-cakar suatu benda untuk menandai wilayah mereka, sehingga mereka tidak merasa asing disana.

4. Luangkan waktu bermain bersama kucing

Bagi pecinta kucing, bermain-main bersama tentunya akan sangat menyenangkan tidak hanya bagi pemilik kucing, tapi juga bagi si kucing sendiri. Kegiatan ini juga akan mempererat ikatan emosional diantara keduanya.

Kita bisa bermain-main menggunakan tali pancingan, boneka, atau barang lainnya yang memungkinkan kucing untuk berlari mengejarnya. Selain bagus untuk fisik kucing, tentunya juga akan membuat mereka gembira.

Kita juga bisa memberi makan kucing dengan sedikit menambahkan permainan didalamnya. Semisal ketika sudah waktunya memberi makan, makanan kucing kita sembunyikan tetapi usahakan kucing masih bisa mencium aromanya. Maka ia pasti akan mencari dan memburunya. Kerena sifat asli kucing adalah suka berburu atau menangkap sesuatu.

5. Memanjakan kucing

Hal lain yang bisa dilakukan untuk membuat kucing merasa nyaman dirumah adalah memperlakukan kucing dengan memanjakannya.

Bentuk memanjakan disini adalah dengan berlaku halus dan ramah pada kucing. Jangan sampai berlaku kasar dan membentak-bentaknya. Bentuk memanjakan lainnya adalah sering mengelus-elus kucing atau menggaruk tubuhnya. Hal demikian akan menyenangkan bagi kucing dan membuatnya merasa tenang.

6. Terapi feromon

Feromon (pheromone) adalah sejenis zat kimia yang diproduksi secara alami oleh makhluk hidup. Zat feromon yang diproduksi setiap hewan akan menghasilkan aroma yang khas pada hewan tersebut. Sebagai contoh adalah kucing betina dapat mengeluarkan feromon yang membuat anak-anaknya merasa aman dan nyaman berada didekat induknya.

Versi sintetis dari feromon ini telah diproduksi dan dijual sebagai jalan pintas agar bisa diambil manfaatnya. Terapi feromon bisa digunakan untuk mengurangi stress pada kucing yang tinggal di dalam ruangan. Terapi ini mampu mengurangi kadar kortisol dalam darah kucing akibat stress.

Cara penggunaannya adalah dengan menyemprotkan feromon tadi pada tempat tidur atau pintu keluar masuk kucing, sehingga akan membantu untuk memperkuat rasa sayang kucing terhadap tempat tinggal juga pemiliknya. Penggunaan zat ini memerlukan waktu untuk merasakan khasiatnya. Bisa jadi diperlukan beberapa kali pemakaian agar kucing menjadi terbiasa dan mengenal aromanya.

Kucing adalah hewan yang jinak, jadi tidak perlu mengurungnya terus-menerus. Dengan memberikan kenyamanan padanya, maka kucing tidak akan stress dan bisa betah di rumah kita.(gm/odj)