4 Ras Anjing Cerdas yang Cocok untuk Dipelihara

4 Ras Anjing Cerdas yang Cocok untuk Dipelihara

Sudah banyak diakui bahwa anjing adalah salah satu jenis hewan cerdas yang ada dimuka bumi ini. Selain cerdas, semua jenis anjing umumnya bisa bersahabat dengan manusia. Mereka juga peka terhadap lingkungan serta situasi disekitar dirinya. Anjing juga bisa dilatih sehingga mempunyai kemampuan lebih yang banyak manfaatnya bagi manusia.

Banyak sekali jenis anjing yang diketahui. Masing-masing punya ciri dan keunikan tersendiri serta semuanya tergolong hewan pintar. Berkat semua keunggulannya tersebut banyak anjing digunakan dalam membantu kegiatan manusia di berbagai negara, tidak terkecuali juga di Indonesia. Dalam beberapa lembaga pemerintahan seperti kepolisian dan BNN, anjing juga dilibatkan untuk mempermudah sebuah pekerjaan.

Menurut Cesar's Way yang dilansir oleh Mental Floss, ada 4 jenis anjing paling cerdas yang dikenal didunia. Keempat anjing tersebut adalah :

1. German Shepherd


Anjing jenis ini dikenal di Indonesia sebagai anjing herder. Anjing jenis German Shepherd atau anjing gembala jerman adalah salah satu jenis anjing ras murni yang populer didunia. Anjing ini relatif tidak memiliki variasi warna. Umumnya berwarna coklat dengan variasi hitam. Anjing Gembala Jerman dahulunya sering digunakan orang untuk menggembalakan domba.

Anjing German Shepherd dikenal sebagai anjing yang berani, percaya diri, dan pintar. Anjing ini juga bisa diandalkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Jadi tidak mengherankan jika German Shepherd menjadi jenis terpopuler karena sifat-sifatnya. Untuk itulah mereka kerap dijadikan anjing pelacak oleh polisi, tim SAR, petugas bandara, dan banyak instansi pemerintah lainnya.

Ras German Shepherd memang terkadang tidak selalu bisa menunjukkan rasa kasih sayangnya kepada sang majikan secara terbuka, tetapi sebenarnya mereka adalah anjing keluarga yang sangat setia dan bersahabat.

2. Labrador Retriever


Labrador Retriever adalah anjing yang cerdas, lembut, dan ramah pada keluarga yang memeliharanya. Anjing ini memiliki temperamen yang sangat baik, bisa dipercaya, bersahabat, ramah dengan anak-anak dan juga tenang jikalau bersama anjing lain. Mereka sangat suka bermain, terlebih lagi apabila bermain di air.

Mereka adalah ras yang paling populer di Amerika Serikat. Umumnya, anjing ini bisa menjadi pemandu dan penyelamat yang baik. Anjing Labrador dewasa juga sangat kuat, anjing ras ini sangat mudah dilatih dan akan lebih baik lagi jika dilatih sejak kecil.

3. Border Collie


Anjing trah Border Collie berasal dari Northumberland sepanjang perbatasan Skotlandia dan Inggris. Mereka merupakan keturunan anjing pekerja, yang dahulunya digunakan oleh bangsa Viking untuk menggembala rusa mereka.

Border collie adalah anjing yang energik, penuh kasih sayang, dan cerdas. Anjing ras ini adalah anjing pekerja sejati yang unggul dalam penggembalaan domba, atletis, lincah, suka memeluk, dan senang membantu pekerjaan manusia.

Border collie juga dikenal dengan karena herding eye yang dimiliki mereka, yakni sebuah tatapan intens yang digunakan untuk menatap dan menggiring hewan-hewan lain.

4. Golden Retriever


Golden retriever adalah anjing yang bisa berolahraga, cerdas, ramah, dan setia. Ras ini melakukan pekerjaan mereka dengan sepenuh hati dan mencoba untuk melakukan yang terbaik pada apa yang dikerjakannya. Entah itu berburu, melayani sebagai anjing pemandu, bekerja dalam upaya pencarian dan penyelamatan, atau hanya menjadi teman di rumah. Sifatnya yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya, menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu anjing keluarga yang paling populer di dunia.

Golden Retriever adalah anjing trah (purebreed dog/peranakan murni) yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak. Sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Burung hasil buruan diberikan kepada pemburu dalam keadaan utuh dan tidak rusak. Kecerdasan dan kepandaian yang beraneka ragam itulah yang menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna. Dewasa ini, mereka digunakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat (search and rescue), anjing pemburu, dan anjing penuntun.

Untuk perawatannya, jenis anjing cerdas seperti diatas memang harus selalu diperhatikan. Ini untuk menunjang kesehatan dan juga penampilannya. Pemberian makanan yang sehat dan bergizi harus selalu dilakukan. Demikian juga masalah kebersihan bulunya, harus juga selalu diperhatikan. Kita bisa menggunakan shampoo Katobu ketika memandikan untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulunya.

Shampoo katobu adalah shampoo herbal yang ampuh untuk mencegah dan menghilangkan kutu serta mengurangi kerontokan bulu pada anjing kesayangan kita. Selain itu juga berkhasiat untuk menjaga kelembutan dan merawat bulu pada hewan peliharaan. Dengan menggunakan shampoo katobu, penampilan anjing kita akan selalu tampak cantik dan mengesankan.(gm/odj)